Teknologi Smartphone Pada Perkembangan Layanan Bisnis di Indonesia
Teknologi Smartphone Pada Perkembangan Layanan Bisnis di Indonesia
Alat komunikasi adalah hal
yang paling di butuhkan oleh manusia, dengan alat komunikasi manusia
bisa memperoleh informasi yang di butuhkan dari berbagai macam sumber.
Pada saat ini manusia terus menerus berinovasi untuk membuat alat
komunikasi secanggih dan seefisien mungkin demi mendapatkan informasi.
Dan saat ini muncullah “smartphone” yang perkembangannya sangat pesat
dan mendapat sambutan meriah dari masyarakat di berbagai belahan dunia.
Nah sekarang pertanyaannya adalah kenapa smartphone ini bisa sangat
digandrungi? Ya jawabannya sangat sederhana, karena smartphone merupakan
hasil inovasi yang merupakan pengembangan dari teknologi handphone
dengan berbagai kelebihan yang dapat membantu aktifitas penggunanya.
Sejarah Smartphone
Pada
tahun 1999, Mike Lazaridis bisa di sebut orang pertama kali yang
menjadi cikal bakal perkembangan smartphone di dunia. Beliau pertama
yang melakukan inovasi di dunia gadget dengan membuat Blackberry di
perusahaan RIM Canada. Dari sini para perusahaan teknologi di dunia
tidak mau tinggal diam dan ingin berusaha membuat sesuatu hal yang
serupa bahkan lebih baik.
Dengan
adanya mindset dan tekad yang kuat, para pelaku bisnis tersebut berhasil
membuat gadget pintar atau smartphone dengan berbagai jenis dan
fungsinya sehingga sekarang tengah membanjiri pasar industri. Banyak
diantaranya menawarkan harga yang sangat terjangkau, mulai dari ratusan
ribu saja, dan hal ini merupakan kabar baik bagi sebagian masyarakat,
khususnya golongan menengah kebawah yang juga bisa ikut menikmati
kemajuan teknologi pada saat ini.
Lalu
bagaimana dengan perkembangannya di Indonesia? Ya, Indonesia ini
sendiri memang menjadi salah satu target utama para produsen produk
elektronik termasuk smartphone, karena jumlah populasinya yang tinggi
dan sifat konsumennya yang cenderung konsumtif menjadi latar belakang
bagi para perusahaan.
Menurut badan
WorldPanel yang mensurvei tentang karakter konsumen di Indonesia, maka
dapat disimpulkan bahwa masyarakat di Indonesia memang cenderung
menyukai hal-hal yang berbau digital dan perkembangan teknologi terbaru
yang disesuaikan dengan kepribadian masing-masing. Tidak heran jika saat
ini para produsen produk teknologi/elektronik termasuk smartphone
berlomba-lomba untuk menjangkau target marketnya dengan membuat produk
yang sesuai dengan minat dan kebutuhan tersebut.
Selain
itu, dorongan teknologi smartphone ini juga mendorong penggunaan
beberapa layanan lainnya, khususnya dalam hal penggunaan internet. Tentu
saja, karena mau tidak mau pengguna smartphone harus berlangganan
layanan internet secara rutin agar smartphonenya dapat berjalan sesuai
dengan fungsinya. Walaupun memang kita perlu akui kalau kebanyakan masih
menggunakannya sebagai alat untuk bersosialisasi melalui aplikasi
sosial media. Disisi lain perangkat ini juga umum digunakan untuk
membantu mobilitas penggunanya dalam hal pekerjaan atau bisnis. Dari
berbagai faktor-faktor yang sudah disebutkan diatas, apakah ini dapat
diartikan sebagai peluang? Mari kita ulas sama-sama dibawah ya.
Tanpa
disadari pengguna smartphone saat ini juga sudah menjadi target bagi
para pelaku usaha. Ya, hal ini didasarkan pada meningkatnya pengguna
smartphone, gaya hidup hingga kebutuhan mereka yang dilakukan melalui
media tersebut. Salah satu contohnya adalah pemenuhan kebutuhan melalui
transaksi online. Kenapa transaksi online? Karena adanya tingkat
dorongan yang kuat akan kesibukan rutin, aktifitas mobile yang tinggi
hingga kecenderungan sifat ingin serba cepat dan praktis.
Melihat
adanya permintaan yang kuat dari para pengguna internet, termasuk
smartphone membuat pebisnis berusaha untuk masuk ke dunia bisnis
ecommerce yang konsepnya mengedepankan kemudahan, kecepatan dan
kesederhanaan dalam bertransaksi dengan menjual segala sesuatu yang
dibutuhkan oleh konsumen. Tidak hanya berhenti disitu, saat ini
perusahaan e-commerce juga membuatkan versi mobile dan aplikasi untuk
smartphone agar mereka dapat lebih menjangkau target pasarnya, dan
berusaha mengintimidasi konsumen untuk terus mengingat mereka melalui
layanan tersebut.
Contohnya, zalora,
tokobagus, berniaga, Traveloka, dsb, mereka merupakan perusahaan
e-commerce yang lahir dan berusaha melayani konsumennya dengan konsep
pelayanan online dan juga bisa diakses melalui smartphone.
Perusahaan-perusahaan tersebut nampaknya sadar akan adanya peluang besar
kedepan sehingga mereka berusaha memberi kemudahan transaksi ke
konsumennya dengan membuat berbagai fitur layanan yang menarik dan
bermanfaat. Misalnya Traveloka.com, layanan pemesanan tiket pesawat online terbesar dan terpercaya di Indonesia ini
pada awalnya hanya fokus pada website utamanya, tetapi kemudian mereka
berusaha mengembangkan versi mobile agar konsumen dapat lebih mudah
mengaksesnya melalui smartphone tanpa kesulitan apapun.
Pembuatan
website versi mobile yang khusus diorientasikan kepada konsep
sederhana, to-the-point dan ringan tentunya akan membuat konsumen
menjadi lebih nyaman dan mudah dalam bertransaksi. Namun nampaknya versi
mobile seperti yang dibuat oleh pihak Traveloka masih belum bisa
memuaskan konsumennya . Kenapa? Karena mereka ternyata masih ingin suatu
layanan yang lebih mudah lagi, yaitu melalui aplikasi khusus untuk
smartphone. Ya ini memang sah-sah saja, karena mereka dapat dengan mudah
mengakses layanan seperti Traveloka, Zalora, Blibli, dll jika
menggunakan aplikasi tanpa perlu membuka browser terlebih dahulu. Dengan
konteks seperti ini, konsumen dapat mengakses layanan yang diinginkan
dimanapun, kapanpun dan dalam situasi apapun sesuai dengan keinginan
mereka. Intinya konsumen menginginkan aplikasi untuk smartphonenya
karena mereka menganggap suatu layanan penting, sering digunakan, dan
disisi lain mereka memiliki aktifitas yang padat sehingga mereka butuh
layanan berupa aplikasi yang diyakini dapat menjadi solusi dari apa yang
mereka butuhkan.
Secara keseluruhan
perkembangan smartphone memang menimbulkan efek positif bagi konsumen
dan produsen. Namun di sisi lain, produsen harus terus berusaha
mengembangkan layanan/produknya untuk dapat memenuhi ekspektasi
konsumen. Ini berarti bahwa masyarakat di Indonesia sudah semakin
cerdas, dengan adanya banyak informasi dalam genggaman mereka, dan
mudahnya mendapatkan informasi melalui smartphone membuat pola pikir
konsumen terus berkembang dan tanpa disadari mereka semakin selektif
dalam memilih layanan yang mereka butuhkan. Kedepannya teknologi
smartphone ini tentu akan terus berkembang dan mungkin akan ada lagi
inovasi terbaru yang memungkinkan konsumen dan produsen dapat
berinteraksi dengan lebih mudah dan cepat tanpa adanya batas-batas
tertentu. Jadi, kita tunggu saja kejutan-kejutan terbaru dari hasil
karya manusia kedepannya ya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar